Literature Analysis on the Implementation of Digital Media Maharah Qira’ah Based on Text To Speech / Analisis Literatur tentang Implementasi Media Digital Maharah Qira’ah Berbasis Text To Speech

Nevy Agustina, Koderi Koderi, Guntur Cahaya Kusuma, Erlina Erlina, Ahmad Bukhori Muslim

Abstract


This article aims to analyze the literature related to the implementation of Text-to-Speech (TTS) technology in the teaching of maharah qira’ah (reading skills) in Arabic language education. The method used is a literature review by analyzing selected scholarly sources published between 2019 and 2024. The findings indicate that TTS technology contributes positively to enhancing students’ phonetic comprehension, pronunciation, and learning motivation. It also promotes self-directed and inclusive learning, especially for students with special needs. Nevertheless, several challenges remain, such as suboptimal TTS voice quality for Arabic, semantic context mismatches, and limited integration into the curriculum. Analysis using the VOS viewer application shows that this topic holds further development potential in the academic realm. Therefore, further research is needed to develop TTS systems that are more adaptive to the complexity of the Arabic language, along with implementation strategies aligned with pedagogical needs. This article offers insight into the urgency of integrating technology into Arabic language learning and highlights the potential of TTS as an innovative tool to improve students’ reading competence.

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menganalisis literatur terkait implementasi teknologi TTS dalam pembelajaran maharah qira’ah. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menganalisis sumber-sumber ilmiah terpilih dari tahun 2019 hingga 2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa TTS memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman fonetik, pelafalan, dan motivasi belajar siswa. Teknologi ini juga mendorong pembelajaran mandiri dan inklusif, terutama bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus. Meskipun demikian, beberapa kendala masih ditemukan, seperti kualitas suara TTS yang belum optimal untuk bahasa Arab, ketidaksesuaian konteks semantik, dan keterbatasan integrasi dalam kurikulum. Analisis melalui aplikasi VOSviewer menunjukkan bahwa topik ini memiliki potensi pengembangan lebih lanjut dalam dunia akademik. Dengan demikian, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengembangkan TTS yang lebih adaptif terhadap kompleksitas bahasa Arab serta strategi implementasi yang selaras dengan kebutuhan pedagogis. Artikel ini memberikan wawasan tentang urgensi integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab dan potensi TTS sebagai alat bantu yang inovatif dalam meningkatkan kompetensi membaca peserta didik.


Keywords


Text-to-Speech (TTS); Media Digital; Reading Skills; Learning Technology; Arabic Language

Full Text:

PDF

References


‘Advancements_in_Arabic_Text-to-Speech_Systems_A_22-Year_Literature_Review (1).Pdf.Crdownload’

Annisa, Maryam Nur, Muhammad Rifki, and R. Taufiqurrochman, ‘Tekhnologi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo’, Jurnal Sustainable, 6.2 (2023), pp. 378–88

Annisa, Maryam Nur, and Randi Safii, ‘Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Dalam Konteks Pendidikan Tinggi’, ELOQUENCE : Journal of Foreign Language, 2.2 (2023), pp. 313–28, doi:10.58194/eloquence.v2i2.861

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah, ‘Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19.1 (2020), pp. 56–71, doi:10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Baroroh, R. Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati, ‘Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif’, Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9.2 (2020), pp. 179–96, doi:10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181

Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, and Yusuf Tri Herlambang, ‘Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi’, Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4.1 (2024), pp. 19–28, doi:10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Budiman, Haris, ‘Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.1 (2017), p. 31, doi:10.24042/atjpi.v8i1.2095

Depita, Teti, ‘Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi Dan Keterlibatan Siswa’, TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3.1 (2024), pp. 55–64, doi:10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Fitriawati, Lia Suci, Arif Bijaksana, Putra Negara, and Rudy Dwi Nyoto, ‘Implementasi Text To Speech Pada Website Menggunakan Metode Shallow Parsing’, InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5.1 (2020), pp. 61–69

Hijriyah, Umi, Syarifudin Basyar, Koderi Koderi, Erlina Erlina, Muhammad Aridan, and Muhammad Subkhi Hidayatullah, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Untuk Mahᾱrat Al Istimᾱ’ Kelas 8 Smp’, Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5.2 (2022), p. 239, doi:10.35931/am.v5i2.1352

Indasari, Nur Laili, and Corresponding Author, ‘Pemanfaatan Aplikasi Text to Speech Untuk Pengembangan Materi Listening Berbasis Kearifan Lokal’, 17.1 (2025), doi:10.35457/konstruk.v17i1.4042

Mubarak, Muhammad Husni, and Agung Budi Santoso, ‘Persepsi Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Text to Speech Pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 17.1 (2023), p. 73, doi:10.30984/jii.v17i1.2376

Nur, Fazri, Insan Tamami, Acep Hermawan, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Gunung Djati Bandung, ‘Perkembangan Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4.2 (2023), pp. 158–78

Pokhrel, Sakinah, ‘MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN’, Αγαη, 15.1 (2024), pp. 37–48

Popov, Vadim, Ivan Vovk, Vladimir Gogoryan, Tasnima Sadekova, and Mikhail Kudinov, ‘Grad-TTS: A Diffusion Probabilistic Model for Text-to-Speech’, Proceedings of Machine Learning Research, 139 (2021), pp. 8599–8608

Prananingrum, Afiffah Vinda, Ikhwan Nur Rois, and Anna Sholikhah, ‘Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Konferensi Nasonal Bahasa Arab (KONASBARA), 3.1 (2020), pp. 303–19

Putri, Putri, ‘Mafhum Maharah Qiraah Dan Maharah Kitabah’, Islamic Education, 2.2 (2022), pp. 1–5, doi:10.57251/ie.v2i2.376

Ridwan, Ahmad Ibnu, Akhmad Alim, and Abdul Hayyie Alkattini, ‘Pengembangan Maharotul Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor’, Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17.1 (2024), pp. 202–26, doi:10.32832/tawazun.v17i1.15954

Ridwan, Muannif, Suhar AM, Bahrul Ulum, and Fauzi Muhammad, ‘Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah’, Jurnal Masohi, 2.1 (2021), p. 42, doi:10.36339/jmas.v2i1.427

Rika Widianita, Dkk, ‘Implementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Maharah Qira’ah Al-Mutawassithah’, AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII.I (2023), pp. 1–19

Rodríguez, Velastequí, Maldonado, ‘Urgensi Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0’, 2.2 (2019), pp. 1–23

Sarif, Suharia, and Amran AR, ‘Efektivitas Artificial Intelligence Text to Speech Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca’, Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6.1 (2024), pp. 1–8, doi:10.47435/naskhi.v6i1.2697

Sholihah, Euis, Adi Supardi, and Irpan Hilmi, ‘Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1.2 (2019), pp. 12–15

Siti Salwa Mohd Noor, Norasyikin Osman, Nurazan Mohmad Rouyan, Norhayati Che Hat, and Khairon Nisak Mat Saad, ‘Kemahiran Bertutur Bahasa Arab Luar Kelas Dalam Kalangan Penutur Bukan Asli Bahasa Arab’, BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences, 4.2 (2021), pp. 59–69

Tsanawiyah, Madrasah, Shirothul Fuqoha, Vikria Tahta Alvina, and Abdul Basid, ‘Development of Comic- Based Learning for Maharah Qira ’ Ah Using’, 5.1 (2025), pp. 93–107

Wijaya, Mualim, and Faiqotul Hikmah, ‘Problematika Pembelajaran Maharah Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9.2 (2023), pp. 858–64, doi:10.31949/educatio.v9i2.4880

Zaki, Mohammad, ‘Urgensi Bahan Ajar Bahasa Arab Sebagai Penentu Dalam Proses Belajar Mengajar’, AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5.1 (2022), pp. 92–104, doi:10.52266/al-afidah.v5i1.876

Zamroni, Muhammad, Rumadani Sagala, Muhammad Akmansya, Erlina Erlina, and Koderi Koderi, ‘Interactive Media Development of Articulate Storyline Application for Mts Level Arabic Learning’, Jurnal Pendidikan Glasser, 7.1 (2023), p. 42, doi:10.32529/glasser.v7i1.2228




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nevy Agustina, Koderi, Guntur Cahaya Kusuma, Erlina, Ahmad Bukhori Muslim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License